DAMPAK POLUSI BAGI KESEHATAN

DESEMBER 2012

Polusi adalah masuknya makhluk hidup, zat, energi, atau komponen lain dalam lingkungan yang menyebabkan berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia. Polusi berarti masuknya bahan pencemar sebagai akibat dari kegiatan manusia atau proses alam yang ditemukan di tempat, saat, dan jumlah yang tidak selayaknya. Polusi dapat kita jumpai, misalnya di tanah, air, udara, bahkan suara bising dari motor atau mesin lainnya.

Beberapa kegiatan manusia yang dapat menumbulkan polusi udara adalah: Transportasi, industri, pembangkit listrik, pembakaran, gas pabrik yang dapat menghasilkan gas berbahaya. Bisa juga dari sumber alami seperti, gunung berapi, rawa-rawa, kebarakaran hutan, dan lain-lain.

Polusi memiliki dampak negatif bagi kesehatan, substasi pencemaran di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernafasan. Jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh bergantung kepada jenis pencemar. Partikulat berukuran besar dapat mencapai paru-paru. Dari paru-paru, zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

Terjadinya ISPA

Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut), termasuk di antaranya, asma, bronkitis, dan gangguan pernafasan lainnya. Dampaknya memberikan pengaruh yang merugikan bagi kesehatan manusia, bukan saja dengan terhisap langsung, tetapi juga dengan cara-cara pemaparan lainnya seperti, meminum air yang terkontaminasi dan melalui kulit.

Polusi udara menghambat sistem pembentukan Hb dalam darah merah, sumsum tulang, merusak fungsi hati dan ginjal dab penyebab kerusakan syaraf.

Dampaknya memang mengerikan bagi manusia, terutama bagi anak-anak. Diantaranya adalah mempengaruhi fungsi kognitif, kemampuan belajar, memendekkan tinggi badan, penurunan fungsi pendengaran, mempengaruhi perilaku dan intelejensia, merusak fungsi organ tubuh, seperti ginjal, sistem syaraf, dan reproduksi, meningkatkan tekanan darah dan mempengaruhi perkembangan otak. Dapat pula menimbulkan anemia dan bagi wanita hamil akan mengenai anak yang disusuinya dan terakumulasi dalam ASI.

Menurut Dr. Andrea dari lembaga dilansir VOA dalam artikel nya menyebutkan bahwa polusi udara dapat mengakibatkan orang sulit bernafas di masa mendatang.

Selain itu, dampak polusi udara juga mempengaruhi kondisi lingkungan dan ekosistem di bumi. Semakin memanasnya permukaan bumi membuat lapisan ozon semakin menipis bahkan berlubang. Hal ini akan menyebabkan pemanasan global, dan efek yang paling bisa kita rasakan adalah perubahan cuaca yang tidak bisa ditebak. Contohnya saat matahari sedang terik, tiba-tiba hujan turun.

Sedangkan pencemaran itu sendiri adalah masuknya atau tercampur unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan pada kesehatan manusia secara umum serta menurunkan kualitas lingkungan.

Klasifikasi Pencemaran Udara

Pencemaran udara akibat polusi dikelompokkan dalam dua klasifikasi, yaitu Pencemaran Primer: pencemar yang ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran udara, dan Pencemaran Sekunder : Pencemaran yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer.

Inti dari masalah ini sendiri sebenarnya adalah karena kita kurang perhatian terhadap alam. Di Bumi ini, kita dan alam hidup berdampingan dan saling membutuhkan satu sama lain. Janganlah kita memanfaatkan kekayaan alam dengan semaunya tanpa mempedulikan lingkungan di masa depan.

Jenis-jenis Pencemaran Udara

Menurut asalnya, pencemaran udara dapat dibagi menjadi dua macam, yakni:

  1. Pencemaran udara alami, ialah masuknya zat pencemar ke dalam udara/atmosfer, akibat proses-proses alam seperti asap kebakaran hutan, debu gunung berapi, pancaran garam dari laut, debu meteroid dan sebagainya.
  2. Pencemaran udara Non-Alami, ialah masuknya zat pencemar oleh aktivitas manusia yang pada umumnya tanpa disadar dan merupakan produk sampingnya, berupa gas-gas beracun, asap, partikel-partikel, halus, senyawa belerang, senyawa kimia, buangan panas dan buangan nuklir.

 

Udara bersih yang kita hirup merupakan gas yang tidak nampak, tidak berbau, tidar berbau ataupun berasa. Akan tetapi, udara yang benar-benar bersih sulit diperoleh, terutama di kota-kota besar yang banyak industrinya dan padat lalu lintasnya. Udara yang tercemar dapat merusak lingkungan dan kehidupan manusia.

Terjadinya kerusakan lingkungan berarti rusak pula daya dukung alam yang selanjutnya akan mengurangi kualitas hidup manusia. Sebenarnya secara alamiah, udara mempunya kemampuan mengatur dan mengendalikan diri terhadap masuknya setiap zat pencemar ke dalamnya karena secara alami udara mempunyai keterbatasan dalam menerima pencemaran udara, maka kelebihan zat pencemar memungkinkan terjadinya dampak negatif terhadap kualitas dan karakteristik udara yang memungkinkan terjadinya perubahan iklim lokal maupun global.

Untuk mengatasi masalah polusi udara, banyak hal yang dapat kita lakukan. Seperti, mengganti bahan bakar kendaraan bermotor dengan bahan bakar bernilai oktan tinggi, melakukan penghijauan dan reboisasi, menghentikan pembakaran hutan, menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Memanfaatkan kendaraan umum, memakai kendaraan yang usianya maksimal sepuluh tahun. Dan menggunakan teknologi ramah lingkungan.

Jaga Bumi untuk Kita

Udara adalah hal yang penting dalam kehidupan makhluk hidup di bumi. Namun, belakangan ini manusia semakin tidak mempedulikan kelestarian alam dan lingkungan. Manusia terkesan tak acuh untuk merawat alam di bumi. Padahal, udara yang kita hirup merupakan hasil fotosintesis tumbuhan hijau. Setiap makhluk hidup sejatinya saling ketergantungan. Oleh karena itu ada istilah simbiosis mutualisme. Kelangsungan kehidupan manusia tidak bisa lepas dari kelangsungan kehidupan alam sekitar.

Belakangan ini isu mengenai pemanasan global atau biasa disebut global warming sering dibicarakan dengan serius. Kepadatan penduduk dunia yang diikuti pola hidup tidak sehat, membuang sampah sembarangan, terlalu banyak menggunakan kendaraan dengan bahan bakar yang tidak ramah lingkungan akan semakin memperburuk keadaan di bumi.

Oleh karena itu, mulai sekarang, bergerak dari diri sendiri. Mengendalikan diri untuk membuang sampah di tempatnya sehingga tidak menimbulkan sampah di sembarang tempat, dan menimbulkan bau tak sedap nantinya. Menggunakan kendaraan pribadi seperlunya, ikut membudidayakan penghijauan baik di rumah maupun di lingkungan tempat tinggal, dan yang paling penting, memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga bumi dari polusi, demi kelangsungan hidup manusia, kini dan nanti. Bersama-sama melestarikan alam dengan menjaga dan melindunginya dari ancaman tangan-tangan tak bertanggung jawab sehingga bumi menjadi tempat yang aman dan nyaman. Serta, layak untuk kita tinggali, sampai maut menjemput diri. Wallahu ‘alam.  (eby)

Tips Sehat : 45

TIPS CARA MENGATASI PENCEMARAN UDARA

  1. Menanam dan merawat tumbuhan di sekitar lingkungan.Hal ini merupakan tidakan yang paling efektif dalam mengatasi pencemaran udara. Tumbuhan yang ada dis ekitar akan berperan layaknya seorang dokter yang menyembuhkan pasiennya yang sedang sakit. Udara yang telah tercemar tentu banyak mengandung zat berbahaya. Sementara tumbuhan itu sendiri dapat melakukan fotosintesis. Jadi, seberapapun tumbuhan yang ditanam akan memberikan manfaat yang besar.
  2. Gunakan kendaraan motor atau mobil seefisien mungkin. Mungkin lebih nyaman menggunakan  kendaraan pribadi, tapi cobalah sesekali menggunakan transfortasi umum, ini akan membantu mengurangi jumlah kendaraan yang membuang polusi ke udara.
  3. Bersepeda merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan. Sepeda akan membantu mengurangi polusi udara di Kota, terlebih dengan bersepeda juga sehat karena aktivitas ini bagus untuk jantung.
  4. Gunakan bahan bakar yang ramah lingkungan.
  5. Lakukan gerakan menanam pohon dengan mengajak keluarga, atau tetangga untuk  bersama-sama melakukan gerakan menanam pohon di sekitar lingkungan. Ayo kita stop polusi udara. (Eby/berbagai sumber)
AddThis Social Bookmark Button