Tips Melakukan Perjalanan Mudik Dengan Sepeda Motor

AGUSTUS 2012

Tips melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor

1. Lakukan pemanasan
Lakukan pemanasan layaknya sebelum berolahraga selama 5-7 menit. Hal ini dimaksudkan agar otot-otot seluruh badan tidak kaku sehingga seolah tertarik kala duduk di atas sadel sepeda motor.

2. Atur posisi duduk yang tepat
Upayakan posisi pinggang tegak, namun tetap santai. Begitupun dengan posisi tangan, pastikan tidak membentuk sudut 30 derajat dari setang. Siku tangan jangan terlalu menekuk. Begitu juga dengan posisi lutut.

3. Jangan memakai celana ketat
Celana yang terlampau ketat akan menekan otot perut. Terlebih bila perjalanan tersebut menempuh jarak puluhan atau bahkan ratusan kilometer. Oleh karena itu sangat disarankan memakai celana dan jaket yang tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat.

4. Jangan memaksakan berkendara di saat lelah
Di saat puasa, daya tahan tubuh menjadi lemah, bila badan terasa lelah jangan memaksakan untuk melanjutkan perjalanan, karena efeknya akan membahayakan pengendara. Istirahatlah sejenak untuk memulihkan tenaga.

 

5. Jangan terlalu banyak membawa barang

Beban yang cukup besar akan membuat kinerja sepeda motor jadi makin berat. Usahakan membawa barang sesedikit mungkin, apalagi di sepeda motor ada yang dibonceng.

6. Tak disarankan membawa anak kecil

Bila memiliki anak kecil, sebaiknya berpikir dua kali untuk mudik menggunakan sepeda motor karena risiko sakit selama perjalanan sangat tinggi.     (Mar/ric/berbagai sumber)

AddThis Social Bookmark Button