Mendidik Anak Sesuai Bakatnya

APRIL 2013

Ketika seorang anak telah lahir, mulai saat itulah pendidikan pada anak diberikan secara lebih intensif. Sebab, pendidikan yang kurang dari kedua orang tuanya dapat membuat anak terpengaruh dengan lingkungannya.

Kehidupan telah mengajarkan banyak hal kepada setiap orang tua untuk menjadikan anaknya generasi penerus keturunan dari orang tuanya. Menjadikannya berakhlak baik, berilmu, dan beragama dengan baik. Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah mendidik anak sesuai bakatnya.

Dengan mendidik anak sesuai bakatnya, ia akan menjalani proses pengajaran itu dengan perasaan nyaman, senang, dan gembira. Ia akan merasa apa yang dilakukannya tidak akan sia-sia. Tentu saja hal ini harus mendapat dukungan penuh dari orang tua.

Orang tua yang bijak dituntut agar pintar menyalurkan bakat anak. Dengan begitu, bakat yang dimiliki anak  bisa berkembang dan bermanfaat dalam menentukan arah masa depannya.

Bakat atau keterampilan adalah kelebihan andak dalam bidang motorik, dimana anak bisa menguasai suatu bidang keilmuan atau pekerjaan lebih cepat dari anak lain. Temukan bakatnya sejak dini agar kita sebagai orang tua pintar menyalurkan bakat anak sesuai dengan bakat dan keterampilan yang dimilikinya.

Mengenali Bakat Anak

Rasulullah SAW dalam sebuah riwayat pernah berkata, ''Sesungguhnya, setiap anak yang dilahirkan ke dunia ini dalam keadaan suci (fithrah, Islam). Dan, karena kedua orang tuanyalah, anak itu akan menjadi seorang yang beragama Yahudi, Nasrani, atau Majusi.''

Penjelasan ini menegaskan bahwa sesungguhnya setiap anak yang dilahirkan itu laksana sebuah kertas putih yang polos dan bersih. Ia tidak mempunyai dosa dan kesalahan serta keburukan yang membuat kertas itu menjadi hitam. Namun, karena cara mendidik orang tuanya, karakter anak bisa berwarni-warni: berperangai buruk, tidak taat kepada kedua orang tuanya, dan tidak mau berbakti kepada Allah.

Lalu, bagaimana cara kita sebagai orang tua bisa mendidik anak dengan terlebih dahulu mengenali bakatnya di bidang apa?

Anak berbakat sangat mudah dikenali, bakat yang dimilikinya pun bisa dilihat dengan memperhatikan apa yang dilakukannya. Misalkan jika anak kita adalah anak yang berbakat melukis, maka anak kita  akan mengetahui garis dan komposisi warna yang bagus pada gambarnya. Jika anak kita anak yang berbakat dalam bidang menyanyi, maka dia akan bisa mengetahui nada dan not dengan baik dan bisa mengikutinya sehingga tercipta nada yang indah.

Apapun bakat anak kita, temukan sejak dini. Langkah selanjutnya adalah kita harus pintar menyalurkan bakat anak sesuai dengan bakat atau keterampilan yang dimilikinya.

Mengikut sertakan dalam Kursus atau Les Sesuai Bakat Anak

Bakat adalah sebuah anugerah, namun jika bakat dan keterampilan tidak diasah dan dikembangkan, maka itu tidak akan menjadi manfaat dan berkah bagi pemiliknya. Tetapi jika dikembangkan, maka bakat tersebut bisa menjadi bekal kehidupannya di masa depan.

Saat ini banyak sekali lembaga kursus atau les dengan bidang tertentu, mulai dari kursus matematika, bahasa inggris, les piano, les balet, les gitar dan les lainya.

Jika  kita sudah menemukan bakat anak, maka masukkanlah dia dan ikut sertakan dalam kegiatan kursus atau les yang bisa mengembangkan bakat atau keterampilannya. Lewat kegiatan ini, maka bakat anak-anak akan semakin terasa kemampuanya.

Hal penting yang harus diingat setiap orang tua. Jangan pernah memaksakan anak mengikuti les atau kursus yang tidak disukainya. Karena, dengan tindakan seperti itu justru akan membuat anak menjadi pemberontak atau marah dengan keputusan kita. Anak akan tertekan dan merasa orang tuanya mengintimidasinya melakukan tindakan yang tidak disukainya.

Jika anak sudah menemukan bakat, dan kemudian mengikuti kegiatan kursus sesuai bakatnya, hal lain yang harus diperhatikan adalah ketelatenan. Ya. Ketelatenan kita sebagai orang tua untuk selalu membimbing dan mengarahkan anak menuju bakatnya dengan baik dan benar. Mengingatkannya untuk mengikuti kursus secara rutin, dan selalu melatih kemampuan bakatnya secara konsisten.

Uji Bakat Anak dengan Mengikutkannya Lomba

Setelah anak kita terasah dan semakin terampil mempergunakannya, maka segera sediakan media untuk menguji bakat anak dan menjadikannya lebih berkembang. Misalnya dengan mengikutkan anak dalam berbagai lomba dari bakat atau keterampilan tertentu.

Misalnya, anak kita berbakat dalam melukis, maka banyak lomba lukis yang bisa diikuti. Sediakan segala keperluan lombanya agar anak lebih semangat dan berusaha lebih keras.

Denga mengikutsertakannya dalam lomba, ada banyak hal yang bisa dicapai, antara lain jiwa berkompetisi dan keinginan untuk menjadi yang terbaik, menjadi wadah atau sarana untuk menyalurkan bakat dan keterampilan yang dimiliki, serta melatih kepercayaan diri .

Untuk masalah hadiah, itu hanyalah sebuah hal yang menjadi hasil penghargaan dari usaha keras yang dilakukannya.

Tetap Terapkan Iman dalam Bakatnnya

Mendidik sesuai bakat memang penting. Tapi jangan lupakan bahwa anak juga harus mendapat arahan yang baik dan benar dari bakatnya itu. Sebagai orang tua, terapkan selalu agar bakat anak tidak bertentangan dengan ajaran agama. Atau mungkin, justru bisa dikembangkan bakat tersebut untuk kebaikan agama dan kehidupannya di masa datang.

Contohnya ajang kompetisi pildacil di sebuah stasiun TV nasional. Ajang ini selain mengembangkan bakat anak, juga bisa menuntunnya untuk memberikan kebaikan bagi dirinya, orang lain, keluarga, dan umat manusia.

Semoga setiap apa yang kita usahakan untuk anak kita bisa memberikan kebaikan, amalan, dan ilmu yang bermanfaat untuk mereka. Tidak hanya bermanfaat untuk saat ini, tapi juga untuk esok, dan masa yang akan datang. Allahumma aamiiin. (lin/ berbagai sumber)

Tips Mengembangkan Bakat Anak

  1. Tanyakan langsung pada anak apa kegiatan yang disukainya
  2. Arahkan bakat anak secara teratur dan konsisten
  3. Terapkan sistem pujian setiap ia berhasil melalui satu fase latihan dalam pengembangan bakatnya
  4. Ajarkan selalu mengucap doa sebelum dan sesudah latihan agar bakatnya terasah dengan baik
  5. Selalu memberi motivasi lahir dan batin dengan cara yang baik
AddThis Social Bookmark Button