Doa

More Articles...

Doa Memohon Ampunan

AGUSTUS 2013

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَ تَرْ حَمْنَا لَنَكُو نَنَّ مِنَ الْخَا سِرِ ينَ


Artinya:

Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi. (Al-A’raaf: 23)

Keterangan

Doa tersebut terdapat dalam Al Qur’an surat Al A’raaf ayat 23. Doa yang pernah dibaca oleh Nabi Adam A.S beserta isterinya (Hawa) untuk memohon ampun kepada Allah atas segala dosa yang telah diperbuatnya,lantaran mengikuti hawa nafsu dan bujuk rayu Iblis yaitu untuk memakan buah khuldi yang semuanya itu telah dilarang dan diharamkan oleh Allah Swt.

AddThis Social Bookmark Button

Doa Menahan Hawa Nafsu

JULI 2013

Doa Menahan Hawa Nafsu

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ وَالأَعْمَالِ وَالأَهْوَاءِ

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari akhlaq, amal dan hawa nafsu yang mungkar. (HR. Tirmidzi no. 3591)

Hikmah Doa

Ibnu Qayyim dalam soal keutamaan hawa nafsu berkata: “Sesungguhnya melawan hawa nafsu bagi seorang hamba melahirkan suatu kekuatan di badan, hati, dan lisannya.”

Sebagian Salaf berkata: “ Orang yang bisa mengalahkan nafsunya lebih kuat daripada orang yang menaklukkan kota dengan seorang diri.”

Dan dalam Hadits Shahih disebutkan: “Tidaklah orang yang kuat itu yang menang dalam bergulat. Tetapi orang yang kuat adalah orang yang dapat menguasai hawa nafsunya ketika ia marah.”

Dapat disimpulkan dari uraian tersebut bahwa berperang melawan hawa nafsu adalah peperangan yang benar-benar Jihad fii sabilillah yang tiada akhirnya sampai akhir hayat.

AddThis Social Bookmark Button

Doa Mendapatkan Yang Terbaik

JUNI 2013


اللَّهُمَّ إنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ , وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ , وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ

Artinya: Ya Allah aku beristikharah (meminta pilihan) dengan ilmuMu, aku memohon kekuatan dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon keutamaan-Mu. (HR.Bukhori)

Hikmah Doa

Sesungguhnya manusia adalah makhluk yang sangat lemah, mereka sangat membutuhkan bantuan dari Allah SWT dalam semua urusan mereka. Hal itu karena dia tidak mengetahui hal yang ghaib sehingga dia tidak bisa mengetahui mana amalan yang akan mendatangkan kebaikan dan mana yang akan mendatangkan kejelekan bagi dirinya.

“Dan Rabbmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya. Sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan (dengan Dia). Dan Tuhanmu mengetahui apa yang disembunyikan (dalam) dada mereka dan apa yang mereka nyatakan. Dan Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, bagi-Nyalah segala puji di dunia dan di akhirat, dan bagi-Nyalah segala penentuan dan hanya kepada-Nyalah kalian dikembalikan.” (QS. Al-Qashash: 68-70)

AddThis Social Bookmark Button

Doa Berserah Diri

MEI 2013


الْعَالَمِينَ رَبِّ لِلَّهِ يوَمَمَاتِ وَمَحْيَايَ وَنُسُكِي ي صَلاتِ إِنَّ قُلْ

الْمُسْلِمِينَ أَوَّلُ وَأَنَا أُمِرْتُ وَبِذَلِكَ لَهُ شَرِيكَ لا

Artinya:

Katakanlah: "Sesungguhnya salat, ibadah, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam, tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)". (Q.S Al-An’am 162-163)

 

Ya Allah, Engkaulah Tuhanku
Tidak ada Tuhan kecuali Engkau
Aku berserah diri pada Mu
dan Engkaulah Tuhan yang memiliki arsy yang Agung
Apapun yang Engkau kehendaki ya Allah, pasti terjadi dan
Apapun yang tidak Engkau kehendaki pasti tidak akan terjadi

Walaa haulawalaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'adhiym

Sesungguhnya tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang maha Tinggi lagi Agung
Hamba mengetahui bahwa Allah menguasai atas segala sesuatu dan IlmuNya meliputi segala sesuatu

Ya Allah,
Aku berlindung kepada Mu dari kejahatan diriku sendiri dan
dari kejahatan setiap makhluk yang nasibnya ada ditangan Mu
Sesungguhnya Tuhanku diatas jalan yang lurus.

(H.R. Ibn Assunni)

AddThis Social Bookmark Button

Doa Menghadapi Lawan

APRIL 2013

رَبَّنَاأَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَاوَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِين

Artinya:

“Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.”

Hikmah: Allah Maha Besar, Allah Maha Perkasa dari segala makhlukNya. Allah Maha Perkasa dari apa yang aku takutkan dan khawatirkan. Aku berlindung kepada Allah, yang tiada Tuhan yang berhak disembah selain Dia, yang menahan tujuh langit agar tidak menjatuhi bumi kecuali dengan izinNya, dari kejahatan hambaMu Fulan, serta para pembantunya, pengikutnya, dan pendukungnya, dari jenis jin dan mausia. Ya Allah, jadilah Engkau pelindungku dari kejahatan mereka. Agunglah pujiMu, kuatkanlah perlindunganMu dan Maha Suci asmaMu. Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau.

AddThis Social Bookmark Button