Konsultasi Sehat

More Articles...

Silaturahim tapi Bau Badan

AGUSTUS 2013

Assalamu’alaikum. Dokter, sebentar lagi kan Lebaran, pasti banyak sanak saudara dan tetangga untuk bersilaturahim. Herannya anak saya yang perempuan (19 tahun) termasuk kurang suka bersilaturahim, karena katanya tidak PD dengan aroma badan. Sebagian temannya bilang dia bau badan. Apa yang harus saya lakukan agar bau badan anak saya hilang? Anak saya sudah memakai deodoran di ketiak, tapi bau badannya tetap tercium. Terima kasih atas jawaban Dokter.

(Lena, 45 tahun, Tangerang)

Jawaban:

Wa’alaikumussalam Ibu Lena. Bau badan banyak dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi dan juga apakah ada infeksi atau radang, terutama di kelenjar keringat atau di bagian tubuh lainnya. Untuk mengetahui hal itu, harus diperiksakan ke dokter. Bila sudah dipastikan tak ada infeksi, maka tindaklanjutnya adalah pengaturan pola makan dengan cara mengurangi konsumsi daging-dagingan/protein, namun memperbanyak sayur dan buah. Untuk pemakaian deodoran, sebaiknya memakai tawas yang dihaluskan dan ditaburkan secukupnya pada ketiak.

Semoga di hari nan fitri nanti, putri Ibu Lena dan Ibu sekeluarga dapat bersilaturahim dengan tanpa masalah. Maaf lahir batin ya Bu…

AddThis Social Bookmark Button

Puasa di Cuaca Panas

AGUSTUS 2013

Assalamu’alaikum Dokter. Saya kini ditugaskan bekerja di negeri seberang yang durasi puasa Ramadhan-nya lebih panjang daripada di negeri kita. Bagaimana cara mengatasinya ya Dok agar bisa segar sepanjang hari ketika berpuasa dan beraktivitas di cuaca yang panas? Atas saran Dokter, saya ucapkan terima kasih.

(Andre, 33 tahun, This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it )

Jawaban:

Wa’alaikumussalam. Mas Andre yang sedang bersemangat puasa, dalam hal makan, puasa sebenarnya hanya memindahkan waktu makan dari siang ke malam. Rata-rata waktu puasa: 12 sampai 14 jam. Puasa Ramadhan adalah puasa yang tak akan mengurangi masuknya makanan ke dalam tubuh, karena saat berbuka kita boleh makan apa saja, sehingga asupan makanan tidak menurun. Agar dapat melaksanakan puasa dengan baik, harus mengatur pola makan sahur dan buka. Saat berbuka, awali dengan Bismillah dan doa buka puasa. Konsumsilah minuman yang tidak terlalu dingin atau panas, usahakan banyak mengandung gula agar gula dalam darah dapat normal kembali. Makanan dengan gizi seimbang dan lebih banyak yang mengandung kalori yang tidak terlalu tinggi, contoh karbohidrat 1 gram menghasilkan 4,1 kalori (karbohidrat cepat meninggalkan lambung dibandingkan protein dan lemak) sehingga cepat lapar dan diharapkan saat sahur kita ingin makan. Pengaturan sahur: makan dengan gizi seimbang, usahakan lebih banyak makanan yang tinggi lemak karena 1 gram lemak menghasilkan 9,3 kalori serta 1 gram protein menghasilkan 5,3 kalori. Akhiri sahur dengan minum susu dan mium banyak air, serta sebaiknya sahur mendekati akhir waktu sahur.

Untuk aktivitas di cuaca panas, sebaiknya jangan terlalu banyak berkeringat karena akan menyebabkan dehidrasi. Dengan niat puasa karena Allah serta pengaturan pola makan dan aktivitas yang tidak banyak mengeluarkan keringat, insyaAllah akah baik puasanya. Mudah-mudahan Mas Andre makin lancar ibadahnya ya walau tantangannya lebih besar…

AddThis Social Bookmark Button

Ibu Mengeluh Pusing

JULI 2013

Assalamualaikum. Dokter, ibu saya (54 tahun) ko sering mengalami sakit kepala ya? Katanya terasa ditusuk-tusuk kalau lagi kambuh. Tapi anehnya kalau dibawa jalan-jalan ke luar rumah itu berangsur hilang sakitnya. Kenapa ya Dok?

(Izoen, 28 tahun, Tangerang)

Waalaikumussalam Mas Izoen. Wah, perhatian sekali ya Anda pada ibu tercinta. Mungkin ada beberapa hal yang perlu ditambahkan mengenai keluhan pusingnya. Apakah pusingnya sudah berlangsung lama? Bila sakit kepalanya sebelah (migrain), gejalanya adalah nyeri kepala tiba-tiba timbul di separuh kepala, nyeri kepala berdenyut dan menusuk-nusuk, serta kepala rasanya ingin pecah. Bila sakit kepala terasa di seluruh kepala (nyeri kepala tegang otot), gejala-gejalanya seperti sakit pegal dan kepala yang berdenyut-denyut.

Bila gejala-gejala tersebut tidak ada, maka kemungkinan ibu Anda sakit kepalanya karena kondisi psikis. Demi kesehatan Ibu Anda, silakan beri perhatian lebih pada beliau. InsyaAllah dengan dampingan anak yang sholeh, Ibu Anda akan lebih sehat dan bahagia. Aamiin…

AddThis Social Bookmark Button

Anak Tak Pakai Sandal

JULI 2013

Assalamualaikum. Dok, saya punya anak perempuan (lima tahun) yang terlihat lebih kurus dari anak lain seusianya. Dia makannya banyak, tapi ko ga gemuk-gemuk ya? Padahal saya dan ayahnya agak gemuk. Apakah karena dia anak yang aktif bermain? Ibu saya bilang dia cacingan karena dia suka tak memakai sandal saat main di luar rumah? Bagaimana ini Dok? Atas jawaban Dokter, saya ucapkan terima kasih.

(Anita, 32 tahun, Depok)

Waalaikumussalam Bu Anita. Bila putri Anda makannya banyak namun tidak gemuk-gemuk, kemungkinan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu mungkin anak Anda aktif, mungkin juga karena pencernaannya kurang baik, atau bisa juga karena cacingan. Jika Bu Anita khawatir ia terkena cacingan, bisa dilihat gejalanya. Gejala cacingan yang bisa terlihat adalah perut kembung, mual, muntah, sakit perut, nafsu makannya menurun, diare, dan gatal-gatal di dubur saat malam hari. Dikhawatirkan memang putri Ibu terkena cacingan, maka sebaiknya kalau main di luar rumah harus menggunakan alas kaki, karena cacing dapat masuk melalui telapak kaki.

Mudah-mudahan putri Ibu bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya ya Bu…

AddThis Social Bookmark Button

Batuk Berkepanjangan

JUNI 2013

Assalamualaikum Dokter, saya sudah dua beberapa bulan ini batuk terus. Kadang bisa sampai dua minggu, lalu sembuh dan kumat lagi kumat lagi. Sudah diperiksa ke puskesmas, khawatir kena TBC, ternyata tidak. Sudah dikasih obat tapi begitulah, muncul lagi batuknya setelah beberapa hari sembuh. Mulai bulan depan saya tugas ke pedalaman, selama lebih dari empat bulan, yang jauh dari puskesmas apalagi rumah sakit. Saya harus bagaimana ya Dok supaya kalau obat saya habis saya tak menderita batuk lagi. Adakah rekomendasi obat herbal Dok? Terima kasih Dok. Keterangan tambahan: saya bukan perokok aktif, hanya perokok pasif karena teman sekeliling saya merokok.

(Adnan, 29 tahun, Bandung)

Waalaikumussalam Mas Adnan. Wah batuknya mengkhawatirkan ya… Bila sudah diberi obat kemudian kambuh lagi, sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Batuk yang terjadi lebih dari dua minggu merupakan indikasi agar segera melakukan rontgen dada, kemudian bisa dilakukan pemeriksaan darah serta dahak. Batuk-batuk panjang dapat disebabkan karena infeksi, TBC, Bronkhitis, Asma Bronkiale, dan juga bisa karena terpapar debu/polusi, atau juga karena perokok aktif/pasif. Bila akan bertugas di pedalaman coba cari dahulu penyebab batuknya dan bersiap diri dengan membawa obat dari dokter. Untuk penggunaan obat herbal silakan saja bila obat tersebut sudah melalui penelitian dan ada izin POM.

Semoga batuk Mas Adnan tidak kambuh lagi ya, tetaplah berikhtiar sambil berdoa pada Allah SWT.

AddThis Social Bookmark Button