Hukum Menjual Kulit Binatang Qurban

DESEMBER 2012

Assalamu’alaikum Wr. Wb

 

Semoga Ustadz senantiasa dalam lindungan Allah dan Ridhonya. Ustadz, di Masjid kami waktu pelaksanaan penyembelihan binatang Qurban ramai mempermasahkan tentang menjual kulit binatang Qurban.  Ada yang mengatakan tidak boleh dan ada yang memperbolehkan dan jumlah kulitnya cukup banyak yaitu 23 kulit sapi dan 45 kulit kambing. Mohon tausyiahny, Ustadz. Terima kasih. (0817503xxxx)

 

Wa’alaikumussalam Wr. Wb

Sahabatku yang diridhoi Allah. Berkurban merupakan penyerahan secara totalitas seorang hamba kepada Allah Swt dan penghambaan penuh dan tulus kepada Allah Swt. Dalam sebuah riwayat Bukhori Muslim yang bersumber dari Abu Thalib bahwa Rasulullah Saw memerintahkan menantunya (Ali bin Abu Thalib) untuk menyedekahkan semua binatang kurbannya.

Lebih tegas Allah memerintahkan berkurban terkait dengan karunia pemberian nikmat yang banyak. Perhatikan surat Al-Kautsar, “Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, maka dirikan shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.”

Dalam hal menjual kulit binatang kurban para ulama berbeda pendapat. Setidaknya ada tiga pendapat.

Pendapat pertama; Kulit binatang kurban tidak boleh dijual secara mutlak. Hal ini merupakan pendapat Imam Malik dan Syafi’i. Hal ini menunjuk pada hadits Ali bin Abu Thalib yang diriwayatkan oleh Qotadah bahwa Rasulullah melarang menjual daging kurban dan memerintahkan agar memanfaatkan kulitnya bukan dijual.

Pendapat Kedua; Menyatakan bahwa menjual kulit Kurban  tidak mengapa bila hasil menjual kulit tadi disalurkan atau disedekahkan. Hal ini pernah dilakukan oleh Ibnu Umar, demikian juga Madzab Imam Hanafi juga merupakan pendapat Ibnu Qoyyim.

Pendapat ketiga; Pendapat ini menyatakan sebagaimana diperbolehkan pemanfaatan kulit, seharusnya hal yang sama juga diperbolehkan untuk menjual kulitnya. Pendapat ini disuarakan oleh Hasan Al-Bashri an-Nakha’i dan Al-Awza’i.

Wallahu a’lam.

AddThis Social Bookmark Button